Jumat, 11 Juni 2010

SMPN 1 METRO - RSBI TERBAIK - KELULUSAN 100 %

METRO-Euforia perayaan kelulusan siswa SMP yang mencapai tingkat kelulusan 100 persen yang sudah menjadi tradisi SMPN 1 Metro menjadi yang terbaik dan tetap menempati rangking pertama se-Kota Metro yang diumumkan pada Jum'at (7/5).

Perayaan kelulusan dilanjutkan dengan pelepasan siswa kelas IX SMPN 1 Metro yang diadakan di halaman SMPN 1 Metro pada hari sabtu (8/5). Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Metro Lukman Hakim.

Dalam sambutannya walikota mengatakan sangat bangga atas rentetan prestaiyang diraih para siswa SMPN 1 Metro. Walikota juga berpesan kepada siswa kelas IX agar semua yang telah diraih SMPN 1 Metro dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

"Agar kelak nantinya dapat menjadi anak yang erguna bagi tumpah darah dan tanah air Indonesia khususnya Kota Metro," tukas walikota.

Sementara, menurut kepala SMPN 1 Metro Sunanto, kegiatan pelepasan siswa-siswi kelas IX ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan sekolah karena kegiatan ini termasuk dalam program khusus sekolah yang setiap tahun digelas.

Pelepasan siswa adalah salah satu kegiatan dari siswa dan untuk siswa yang merupakan wujud dari sikap emosional siswa. berbagai rangkaian acara disuguhkan siswa dan siswi SMPN 1 Metro dan berbagai kreatifitas ditunjukkan. Seperti tari Kipas dan diramaikan juga denga pertunjukkan band yang dimainkan oleh siswa SMPN 1 Metro.

"Dengan melihat dari hasil yang didapat dari ujian nasional menurut saya siswa SMPN 1 Metro sudah sanggup dan mampu untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. seperti masuk ke SMA favorit yang letaknya bukan hanya di Lampung. Melainkan banyak juga sekolah-sekolah favorit yang ada di Pulau Jawa. Seperti Taruna Nusantara yang ada di Magelang, SMAN 2 dan SMAN 5 Jogjakarta dan ada juga sekolah favorit yang ada di Bandung," tukasnya.

Prestasi yang telah didapat oleh siswa dan siswi SMPN1 Metro, imbuhnya, salah satunya pada saat uji kompetensi se-Indonesia M Fhati Bana Al Faruqi siswa SMPN 1 yang mendapatkan medali perunggu untuk mata pelajaran IPA. Itu hanya satu-satunya siswa se Sumatera yang mendapat medali pada acara yang dilakukan di Jakarta beberapa waktu lalu.

SMPN 1 Metro juga pada bulan Februari lalu mendapatkan juara 1 se-Provinsi Lampung pada lomba sains dengan mata pelajaran fisika yang diadakan di Unila atas nama Ifanda Mastusi. Juga pada bulan April 2010 lalu SMPN 1 Metro memperoleh sertifikat ISO.

Lebih lanjut Sunanto mengharapkan semua prestasi yang telah diukir oleh siswa kelas IX dapat dilanjutan dan ditumbuhkembangkan kepada adik-adik kelas VII dan VIII. "Karena jika kita lihat pada siswa kelas IX yang dilepas tahun ini banyak siswa-siswa yang berprestasi contohnya saja pada tahun ini SMPN 1 Metro dapat meluluskan siswanya untuk yang pertama kalinya dan yang termasuk yang terbaik se-Indonesia untuk evaluasi masuk RSBI semester 6 tahun pembelajaran 2009-2010 sebanyak 22 siswa yang masuk," ungkapnya.

Wujud kepedulian Pemerintah Kota Metro pada siswa yang berprestasi dengan diberikannya piagam penghargaan kepada masing-masing siswa berprestasi yang diberikan langsung secara simbolis oleh Walikota Metro Lukman Hakim beberapa waktu lalu.

Selain itu, SMPN 1 juga secara kontinyu terus memberikan pembinaan yang berkelanjutan dan selalu memberikan inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan mutu belajar siswa yang dibantu oleh Fatimah Wakil Manajemen Mutu yang juga sebagai guru pembimbing Olimpiade Matematika.

sumber: Lampung Expess 10/05/2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar